Mesin Pencari Google


MARI BERBAGI PENGETAHUAN TENTANG TEXSTIL DAN SEPUTAR DUNIA GARMENT MELALUI SITUS KAMI DI http://garmentindo.blogspot.com/ KIRIMKAN ARTIKEL ANDA BISA DI KIRIM MELALUI EMAIL . BACA KETENTUANNYA KLIK DISINI
kiriman keluhan pertama

Kami dari perwakilan karyawan di PT. Pinnacle Apparels Unit 1, Ingin menyampaikan beberapa hal, langsung saja kepada intinya,

Yang pertama, Masalah Pengurangan Jam Lembur / Pencoretan Jam lembur Karyawan

           Setiap hari setiap kami lembur selalu ada pencoretan jam lembur terutama dibagian sewing, dengan alasan tidak sesuai dengan budget, padahal yang membuat & menentukan adalah bu Clementina & disetujui Mr. Amit sendiri, tapi mereka juga yang meminta untuk dicoret / dikurangi lemburan tiap karyawan, meskipun jumlah lembur sudah sesuai dengan apa yang sebelumnya sudah di buat & disetujui oleh bu Clementina & Mr.Amit, bahkan jumlah lemburan sudah di bawah / kurang dari rencananya, setiap hari teman-teman kami mengalami pencoretan bervariasi ada yang 0.5 jam, 1 jam, 1.5 jam, bahkan ada yang sampai 2 jam, itu masih ditambah lagi kita diminta untuk perpanjangan jam kerja yang tidak dibayar, meskipun kita sudah sesuai dengan jam pulang yang diminta / telah diatur & kita sudah sesuai dengan target, ditambah lagi ada dari teman kami yang diminta untuk absen dulu, kemudian disuruh kembali bekerja sampai 2 jam / 3 jam bahkan pernah sampai 4 jam, selain itu juga teman-teman kami terutama bagi karyawan baru diminta untuk tidak boleh absen pulang, padahal mereka pulang rata-rata sampai jam 18:00 lebih bahkan sampai jam 19:30, kemudian mereka dianggap tidak lembur / dicatatnya hanya pulang sampai jam 15:30, ditambah lagi dengan peraturan yang dibuat oleh bu Clementina bagi karyawan khususnya di bagian sewing yang terlambat masuk kerja meskipun waktu terlambatnya hanya 5 menit, lemburan kami akan dipotong dicoret 1 jam jadi banyak dari kami yang terlambat lebih memilih tidak absen masuk yang akhirnya sama-sama nantinya juga dipotong / dicoret lemburan kami, selain itu juga ketika ada listrik tiba-tiba mati meskipun listrik matinya sudah masuk jam 15:30 / lebih, maka kami karyawan dibagian sewing akan dicoret / dipotong jam lembur kami sampai 0.5 jam / 1 jam, itu terkakhir terjadi ketika hujan deras kemudian atap pabrik diatas line 6 itu bocor & kejadian ini terjadi sekitar jam 15:30 lebih sedikit & itu menyebabkan banjir dibeberapa tempat didalam pabrik, akhirnya Mr. Amit menyuruh kita semua untuk pulang sekitar setengah jam kemudian / jam 16:00 lebih sedikit, kemudian besoknya bu Clementina & Mr. Amit meminta semua karyawan dibagian sewing lemburnya harus dipotong / dicoret / dikurangi 0.5 jam, padahal dibagian lain seperti finishing & QC tidak mengalami pencoretan jam lemburnya.

            Dengan pencoretan-pencoretan jam lembur seperti itu kami karyawan khususnya dibagian sewing sangat dirugikan, pernah dari bagian HRD membuat laporan lembur tanpa mencantumkan jumlah lemburnya, tapi itu hanya berjalan cumin 2 hari, karena setelah itu bu Clementina & Mr. Amit akhirnya mengetahuinya & dari bagian HRD diminta oleh bu Clementina & Mr.Amit untuk kembali mencantumkan jumlah lemburannya, supaya bisa dikurangi / dicoret / dipotong lemburan kami, selain itu juga setiap kali proses produksi dibagian sewing, karena ada banyak proses & mungkin waktu batasan produksinya sudah mepet / habis, meskipun kami baru selesai setengah / separo proses saja, tapi bu Clementina meminta untuk sudah dianggap & dicatat dalam laporan produksi sudah selesai semua prosesnya, kemudian lemburan kami akan dikurangi / dipotong / dicoret untuk menggantikan kekurangannya tadi.

 Yang Kedua Masalah Pengurangan Uang Bonus / Bestline / insentif

            Setiap ada pembagian uang bonus / insentif / bestline, uang dari yang seharusnya kita dapatkan, diminta harus dipotong & dikumpulkan semua yang mendapatkan bestline untuk diberikan kepada bu Clementina & bu Mutiah, karena mereka yang mengatur semuanya supaya bagian / line kami bisa mendapatkan bestline & supaya nantinya bagian / line kami bisa dipermudah & dalam laporan produksi dibuat baik & dalam mendapatkan bestline lagi dilain kali.

 Yang Ketiga Masalah Dipersulit Keluar

          Dengan permasalahan itu tadi kami karyawan khususnya dibagian sewing banyak yang tidak tahan bekerja di PT. Pinnacle Apparels Unit 1 terutama dibagian Sewing, yang akhirnya kami memilih untuk keluar, tapi dari bu Clementina & Mr.Amit selalu meminta tidak memperbolehkan kami keluar & akhirnya selalu mempersulit proses kami keluar, padahal kami sudah sesuai dengan aturan perusahaan, tapi jika kami memaksa keluar maka bu Clementina & Mr.Amit tidak akan memberikan gaji kami.            

          Kami merasa yang seharusnya kami dapatkan, telah dirampas / dicuri / dikurangi /dirampok oleh bu Clementina & Mr. Amit, oleh karena itu jika penyampaian kami ini tidak ditanggapi, maka kami akan menyampaikannya ke forum buruh, Depnaker, DPRD, Kepolisian & surat kabar, karena kami sudah mempunyai berkas-berkas bukti lengkapnya semua.

Ini beberapa hal yang bisa kami sampaikan, sebenarnya masih banyak lagi, seperti kami dibagian sewing diminta oleh bu Clementina untuk menyembunyikan beberapa pcs baju yang baru berjalan setengah proses saja, karena baju itu sudah habis waktu produksinya disewing & sudah harus ditransfer ke finishing, sehingga beberapa teman kami dibagian administrasi diminta untuk membuat laporan bohong yang menunjukkan barang yang ditransfer sudah sesuai & pas, padahal ada beberapa baju yang seharusnya ikut ditransfer, tapi kami diminta untuk menyembunyikan, belum lagi masalah karyawan-karyawan baru yang belum tahu apa-apa, mereka sering kali ditindas & dibohongi.

Itu saja yang kami bisa sampaikan, kami menunggu tindaklanjutnya


kiriman keluhan kami yang kedua


kami mau menyampaikan keluhan2 kami dari karyawan PT. Pinnacle Apparels Unit 1 kepada pihak menejemen perusahaan yang pada waktu itu tgl 19 des 2013, berisi tentang :

keluhan kami yang kedua pada hari ini tgl 14 januari 2014 adalah tindak lanjut di tulisan kami sebelumnya, yang tidak ada tanggapan dari perusahaan berisi sbb :

 

Setelah kami menunggu, ternyata tidak ada perubahan sama sekali terkait dengan apa yang telah kami sampaikan sebelumnya, justru yang terjadi Mr. Amit & Bu Clementina berusaha mencari tahu siapa pelaku penulisan ini, yang seharusnya digunakan untuk memperbaiki keluhan-keluhan apa yang telah kami sampaikan sebelumnya.

      Yang perlu Mr.Amit & Bu Clementina tahu bahwa kami karyawan tidak akan bercerita terbuka terkait masalah-masalah & keluhan-keluhan kami meskipun dengan cara apapun, karena kami tahu resiko kalau sampai kami bercerita terbuka seperti yang sudah terjadi dengan teman-teman kami sebelumnya, apalagi kemarin sempat Mr. Amit & Bu Clementina memanggil perwakilan dari karyawan untuk bisa saling cerita antara pihak perusahaan & pihak perwakilan karyawan, itu sungguh sangat percuma, karena Mr. Amit & Bu Clementina hanya ingin mencari tahu siapa saja orang-orang yang sering & berani bercerita terbuka & yang mengkritik Mr. Amit & Bu Clementina pasti nama & orangnya itu  akan dicatat & pasti akan bernasib buruk.

      Selain itu kami juga akan menambahkan lagi beberapa keluhan dari beberapa karyawan yang menyampaikan ke kami, Yaitu tentang tukar hari, tukar hari sangat sering dilakukan di PT. Pinnacle Apparels Unit 1, yang hal itu sangat merugikan kami di pihak karyawan, karena ketidak jelasan kapan penggantiannya dilakukan, sering kali sudah disetujui gantinya,tapi diundur lagi sampai tidak ada kejelasan penggantinya, sampai kemarin hari minggu & tanggal merah (maulud nabi) kami diminta masuk kerja, tapi penggantinya masih sangat jauh sekali sampai dengan akhir maret, dan kami sudah tidak percaya lagi,karena pada saatnya nanti pasti akan diundur lagi sampai kapan juga tidak jelas.

      Kami bekerja di PT. Pinnacle Apparel Unit 1 hanya ingin kenyamanan dalam bekerja, dan keluhan-keluhan yang kami sampaikan sudah sangat mewakili karyawan, karena sebagian besar karywan PT. Pinnacle Apparels Unit 1 juga mengharapkan apa yang telah kami sampaikan sebelumnya segera diperbaiki oleh pihak perusahaan


kiriman keluhan kami yang ketiga


Ini tulisan kami yg ketiga,ternyata saat ini tidak ada perkembangan & perbaikan tentang apa yang menjadi keluhan-keluhan kami bekerja di PT. PINNACLE APPARELS UNIT 1, dan malah semakin menjadi jadi,terakhir yang terjadi ketika musim banjir besar kemarin tepatnya pada tgl 28 januari 2014 hari selasa, ketika itu semua karyawan banyak yang kebanjiran baik itu dirumah masing-masing ataupun ketika di dalam perjalanan menuju ke PT. PINNACLE APPARELS UNIT 1, ternyata setelah sampai dikawasan LAMICITRA,banjir juga cukup dalam,sehingga banyak dari kami bersusah payah dan berusaha cukup keras untuk bisa sampai di PT. PINNACLE APPARELS, tapi yang terjadi kami semua khususnya di sewing baik itu yang berangkat pagi sekali sampai dengan yang terlambatpun tanpa kecuali semua dipotong jam lembur kami 0.5 – 1 jam, menurut kami BU CLEMENTINA dan Mr.AMIT benar-benar sangat keterlaluan sekali dengan kejadian ini hanya untuk kepentingan pribadi mereka supaya mereka mendapatkan uang bonus semakin besar dengan cara tiap kali memeras dan merampok kami, kejadian kedua yang menurut kami juga sangat mengecewakan kami adalah, juga ketika terjadi banjir besar pada tgl 23 januari 2014 hari kamis, kami semua diminta nanti ketika uang bonus bulan januari sudah cair semua khususnya dibagian sewing akan dipotong bagi yang tidak masuk apapun alasannya terkena potongan lebih besar,terus yang masuk baik itu yang terlambat Maupun yang tidak akan dipotong lebih kecil dari yang tidak masuk tadi,meskipun yang ini belum terjadi,tapi menurut kami sudah sangat jelas tujuan dari BU CLEMENTINA dan Mr.AMIT untuk memeras dan merampok kami, selain hal-hal diatas itu masih banyak sekali yang membuat kami merasa dirugikan dan diperas,belum lagi banyaknya ganti-ganti hari yang tidak jelas kapan gantinya dan lain-lain,meskipun tidak bisa kami ceritakan satu persatu,kami harapkan unutk berbagai pihak baik itu yang ada dilingkungan perusahaan terutama personalia yang tidak bisa membantu kami justru menutup nutupi masalah-masalah ini, dan juga dari pihak diluar perusahaan yang berhubungan dengan tenaga kerja untuk bisa membantu kami,kami sangat memohon karena kondisi di PT.PINNACLE APPARELS UNIT 1 ini sangat parah sekali

1 komentar:

Anonim mengatakan...

kalau sudah begitu, kenapa tidak sampaikan keatasan ibu clementina dan pak amit. Atau kalau sudah tidak betah yah resign aja. kenapa harus menderita begitu. kan tidak hanya satu garment kan yang bisa pekerjakan anda?